Techno6 – Saat kita sedang menggunakan laptop atau komputer kita untuk bekerja atau mengerjakan sesuatu, lalu terjadi kesalahan sistem atau galat, menjadi hal yang sangat membuat kesal dan tidak jarang membuat kita frustasi karena masalah tidak kunjung terselesaikan dan sistem terus mengalami kesalahan.

Salah satu contoh masalah tersebut yaitu saat Anda akan menghubungkan perangkat keras seperti flashdisk atau USB atau perangkat audio, tiba – tiba muncul tanda bertuliskan this device cannot start. (code 10) dan Anda jadi tidak dapat membuka file yang ada di flashdisk atau USB Anda.

Bekerja tanpa adanya hambatan tentunya akan sangat meringankan beban. Namun, saat terjadi error atau kesalahan sistem tanpa kita ketahui penyebabnya tentu akan membuat kita terhambat untuk menyelesaikan pekerjaan kita menggunakan komputer atau laptop.

Seperti pada kesalahan atau error this device cannot start. (code 10) yang kita tidak ketahui penyebabnya. Mungkin bagi user expert yang terbiasa dengan bahasa pemrograman, hal itu sudah biasa dan dapat mengatasi kesalahan sistem tersebut dengan mudah. Namun, bagaimana jika itu terjadi pada orang awam, atau user umum? Tentunya masalah tersebut akan sangat merepotkan.

Lalu, apa sebenarnya maksud dari tanda peringatan this device cannot start. (code 10)?
Permasalahan sistem tersebut menunjukkan adanya kesalahan pada device atau perangkat komputer Anda yang gagal menjalankan perangkat keras tambahan, seperti USB, flashdisk, kabel audio, printer, atau driver lain dengan benar.

Permasalahan ini umumnya berkaitan dengan fasilitas yang mengatur perangkat keras yang terhubung ke perangkat komputer atau device manager. Kode error tersebut terjadi pada perangkat keras yang dapat dilepas.

Kesalahan pada device manager yang tidak dapat menjalankan perangkat tersebut terjadi karena ada penyebabnya, umumnya yang menyebabkan masalah tersebut bisa jadi karena perangkat yang rusak, driver rusak, atau koneksi yang error.

Seringnya, masalah itu terjadi saat Windows mencoba untuk menginstall driver perangkat baru yang dihubungkan ke perangkat komputer. Permasalahan ini dapat terjadi di semua versi Windows pada komputer atau laptop Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Error This Device Cannot Start. (Code 10)

Sebagai user awam yang menggunakan komputer atau laptop untuk membantu menyelesaikan pekerjaan tentu masih tidak terbiasa dengan bahasa pemrograman atau sistem pada perangkat komputer. Hal ini akan menimbulkan kerepotan saat perangkat komputer atau laptop mengalami kesalahan atau error dengan petunjuk this device cannot start. (code 10) saat user menghubungkan perangkat keras lain seperti flashdisk, USB, dan sebagainya.

Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga Anda bisa menggunakan perangkat komputer atau laptop Anda tanpa gangguan.

Harap diperhatikan, untuk memperbaiki error tersebut, mulailah dari solusi nomor pertama dulu, baru kemudian jika masih error lakukan solusi langkah berikutnya hingga masalah terselesaikan. Di bawah ini beberapa caranya:

1. Restart atau Reboot komputer Anda

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan terutama bagi user awam untuk mengatasi apapun masalah kesalahan sistem yang terjadi. Langkah ini merupakan pemecahan masalah yang paling dasar untuk mengatasi masalah yang terjadi akibat kesalahan sistem karena dengan melakukan restart atau reboot pada komputer Anda, membuat komputer Anda memulai ulang semua program yang berjalan.

Namun, langkah ini juga tidak menjamin suatu masalah terselesaikan, setidaknya komputer akan mencoba memulai ulang semua program dari awal untuk menghindarkan masalah sistem yang terjadi di tengah – tengah jalannya program pada komputer.

Restart atau reboot dengan mematikan komputer Anda lalu menghidupkannya kembali, lalu coba untuk menghubungkan perangkat keras kembali. Metode ini selain mudah, juga worth tanpa harus membuang – buang banyak waktu dalam mengatasi permasalahan sistem yang error tersebut.

Jika Anda sudah mencoba cara ini dengan mematikan komputer lalu menghidupkannya kembali dan saat mencoba untuk menghubungkan perangkat USB, flashdisk, dan sebagainya lagi tapi tetap muncul kesalahan serupa, Anda bisa mencoba langkah mengatasi permasalahan kesalahan sistem ini dengan langkah atau cara lain.

2. Menjalankan perintah pemecah masalah atau Device Troubleshooter

Langkah atau cara kedua untuk mengatasi permasalahan terjadinya kesalahan pada sistem saat menghubungkan perangkat keras lain yang ditunjukkan dengan kode error this device cannot start. (code 10), yaitu melalui perintah pemecah masalah perangkat atau Device Troubleshooter.

Windows menyediakan fasilitas pemecah masalah otomatis yang dapat membantu user memecahkan beberapa masalah yang terjadi pada perangkat komputer, salah satunya yaitu pemecahan masalah otomatis yang terjadi di perangkat keras pada pilihan Hardware and Devices.

Mengatasi masalah yang terjadi pada sistem perangkat keras melalui cara ini, meskipun tidak menjamin sepenuhnya berhasil, setidaknya Anda mencoba mengetahui kesalahan yang terjadi dan menyelesaikannya.

Microsoft sebagai pengembang sistem operasi Windows, dengan beberapa alasan, telah menghapus menu Troubleshoot pada Windows 10. Namun, Anda tetap dapat mengaksesnya melalui Command Prompt atau PowerShell. Dengan cara ini, Windows akan membantu untuk mencari penyebab terjadinya kesalahan pada sistem dan membantu memperbaiki permasalahan error tersebut secara otomatis. Langkah – langkahnya, sebagai berikut:

– Langkah pertama, tekan tombol Windows + X pada keyboard komputer atau laptop Anda

– Setelah muncul jendela dialog yang berisi berbagai fitur menu, pilih menu Command Prompt atau Windows PowerShell

– Lalu setelah masuk di menu Command Prompt atau Windows PowerShell, Anda masukkan perintah berikut ini : msdt.exe -id DeviceDiagnostic

– Tekan Enter

– Jendela baru akan muncul, yaitu jendela Troubleshoot

– Klik pada pilihan Next yang ada di kanan bawah untuk memulai proses scanning atau mencari masalah yang terjadi. Anda bisa melakukan perbaikan secara otomatis dengan mencentang pilihan Apply repairs automatically di jendela Troubleshoot di sebelah kiri

– Setelah perintah berjalan dan selesai, Anda akan diberitahu tentang permasalahan yang ditemukan dan langkah untuk memperbaikinya.

3. Memperbarui atau update driver

Perangkat keras yang memiliki masalah kesalahan sistem atau error sering terjadi karena salah satu sebab yaitu driver yang belum diperbarui atau sudah ketinggalan jaman, dan juga driver yang salah penginstalan. Anda juga bisa menggunakan cara ini saat mengalami kesalahan pada perangkat komputer Anda yang ditandai dengan pesan this device cannot start. (code 10).

Sebelum memperbarui driver perangkat keras, sebaiknya Anda juga perlu untuk memeriksa pembaruan baru. Caranya yaitu melalui menu Settings > Update & Security > Windows Update untuk dapat menemukan pembaruan driver.

Lalu, bagaimana cara memperbarui atau update perangkat keras? Berikut ini langkah – langkahnya:

– Sebelumnya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu jenis perangkat keras yang terakhir terhubung di komputer atau laptop Anda

– Tekan tombol shortcut Windows + X pada keyboard komputer atau laptop

– Lalu setelah muncul jendela yang berisi berbagai fitur menu, pilih menu Device Manager

– Setelah muncul jendela menu Device Manager, kamu akan disuguhkan banyak pilihan menu perangkat

– Pada jendela tersebut, pilih satu menu dengan membuka tanda panah atau dropdown pada pilihan Universal Serial Bus controllers untuk memperbarui perangkat keras yang terhubung ke komputer atau laptop

– Lalu, akan muncul daftar perangkat keras yang pernah terhubung ke perangkat komputer atau laptop Anda.

– Pilih salah satu dari pilihan perangkat tersebut, lalu klik kanan

– Kemudian pilih konfigurasi Update Driver

– Setelah itu, ada akan muncul jendela konfirmasi

– Pilih Search automatically for drivers untuk memeriksa komputer terhadap driver yang baru dan perlu diperbarui
Jika Anda menggunakan cara ini namun masih belum berhasil, Anda bisa mencari nama perangkat keras Anda secara online untuk mencari pembaruan driver yang tersedia.

4. Perbarui atau update versi Windows

Windows sebenarnya sudah menyediakan program terjadwal sebagai salah satu fitur layanan utama untuk tetap memperbarui sistem operasi Windows ke versi terbaru.

Anda bisa mencoba cara ini untuk mengatasi masalah kesalahan sistem atau error yang terjadi saat Anda menghubungkan perangkat keras seperti flashdisk, USB, atau lainnya dan muncul kode error this device cannot start. (code 10) karena bisa jadi permasalahan tersebut disebabkan karena adanya jaringan Bug yang mengganggu kinerja sistem operasi.

Cara untuk memperbarui versi Windows secara manual ini juga sangat mudah, yaitu melalui menu Settings > Update & Security > Windows Update.

5. Menghapus driver perangkat yang rusak

Selain cara memperbarui driver perangkat keras yang bermasalah, cara mengatasi masalah kesalahan atau error this device cannot start. (code 10) juga bisa Anda lakukan dengan cara menghapus driver perangkat keras yang rusak.

Cara ini bertujuan agar perangkat keras yang rusak tersebut melakukan penginstalan ulang driver perangkat keras kembali saat dihubungkan ke perangkat komputer atau laptop. Caranya, sebagai berikut:

– Buka menu Device Manager melalui tombol shortcut Windows + X pada keyboard

– Lalu setelah muncul jendela baru, pilih jenis perangkat yang bermasalah

– Buka tanda panah atau dropdown pada pilihan jenis perangkat yang Anda pilih

– Anda akan disuguhkan pilihan beberapa perangkat keras yang terhubung ke komputer atau laptop Anda

– Hapus driver perangkat keras tersebut dengan cara klik kanan pada perangkat yang bermasalah

– Lalu pilih konfigurasi Uninstall device

6. Memulihkan sistem Windows

Saat Anda sudah melakukan cara untuk mengatasi permasalahan kesalahan pada perangkat keras yang terhubung ke komputer atau laptop Anda dengan cara melakukan pembaruan sistem operasi Windows ke versi terbaru namun tetap muncul kesalahan atau error yang serupa, bisa jadi kemungkinan penyebab utama ada pada update itu sendiri. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan System Restore, langkah – langkahnya sebagai berikut:

– Masuk ke menu Start

– Carilah menu Create a restore point, lalu open atau masuk ke menu tersebut.

– Kemudian setelah jendela menu terbuka, pilih tab menu System Protection, lalu klik menu System Restore

– Lalu klik pilihan Next

– Setelah itu, pilih pilihan Scan for affected programs

– Lalu tentukan restore point yang ingin Anda pulihkan

– Jika sudah, klik Next

– Selesai

Itulah beberapa langkah atau cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan atau error dengan pesan this device cannot start. (code 10) saat Anda menghubungkan perangkat keras ke komputer Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *