Techno6 – Irit listrik tidak cuman mengirit kantong Anda tetapi juga pertanda jika Anda perduli lingkungan. Ketahui triknya lebih dalam.

Tiap rumah tangga bisa berperanan dalam kurangi penggunaan energi listrik lewat peralihan rutinitas setiap hari. Faedah penghematan energi listrik berbentuk bill listrik yang lebih rendah langsung bisa dirasa tiap rumah tangga.

Langkah mengirit energi listrik berikut akan menunjukkan jika peralihan rutinitas yang kerap dipandang sepele juga dapat menolong tekan konsumsi listrik di dalam rumah. Anda akan ketahui jika sikap irit listrik tidak turunkan kualitas hidup. Beberapa produk irit listrik di pasar bisa juga membantu bujet rumah tangga Anda dalam periode panjang.

Peralihan rutinitas menggunakan listrik sekecil apa saja berperan tekan bill listrik. Matikan piranti electronic saat tidak digunakan, tentukan piranti bersertifikasi irit energi, dan jauhi menggunakan feature stand by sebagai langkah mengirit listrik.

Mengapa kita harus menghemat energi listrik?
Mayoritas listrik dibuat oleh bahan bakar fosil. Karena tersedianya bahan bakar tipe ini terbatas, karena itu tersedianya listrik juga terbatas. Sementara pembangkit listrik alternative terus diperkembangkan di Indonesia, pembangkit listrik konservatif terus membakar bahan bakar dan melepas emisi ke lingkungan.

Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, kurangi 10% penggunaan listrik lebih gampang dibanding menghasilkan 10% energi listrik baru yang membutuhkan dana Rp450 triliun dan memunculkan resiko lingkungan. Oleh karena itu, irit energi listrik sebagai opsi yang lebih logis diaplikasikan.

Cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Panduan mengirit listrik yang paling dasar saat menggunakan perlengkapan electronic ialah seperti berikut:

Mengapa kita harus menghemat energi listrik?
Mayoritas listrik dibuat oleh bahan bakar fosil. Karena tersedianya bahan bakar tipe ini terbatas, karena itu tersedianya listrik juga terbatas. Sementara pembangkit listrik alternative terus diperkembangkan di Indonesia, pembangkit listrik konservatif terus membakar bahan bakar dan melepas emisi ke lingkungan.

Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, kurangi 10% penggunaan listrik lebih gampang dibanding menghasilkan 10% energi listrik baru yang membutuhkan dana Rp450 triliun dan memunculkan resiko lingkungan. Oleh karena itu, irit energi listrik sebagai opsi yang lebih logis diaplikasikan. Itu kenapa kita harus mengirit energi.

Cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Panduan mengirit listrik yang paling dasar saat menggunakan perlengkapan electronic ialah seperti berikut:

Lampu

Kulkas

AC

Penanak nasi & penjerang air

Mesin cuci & setrika

Komputer

Penghematan energi listrik: cara menghitung tarif listrik
Saat ini Anda sudah mengetahui bagaimanakah cara mengirit listrik di dalam rumah. Sesudah kuasai panduan irit listrik, sebaiknya Anda juga paham langkah hitung biaya listrik. Dengan ketahui langkah hitung biaya listrik karena itu langkah mengirit energi Anda akan menjadi lebih efisien kembali.

Beberapa orang berpikiran langkah hitung biaya listrik ialah hal yang susah. Tetapi bila Anda menguasainya, Anda jadi tahu langkah mengirit energi di kehidupan setiap hari. Baca beberapa langkah berikut supaya Anda ketahui bagaimanakah cara mengirit listrik.

1. Cari info lebih dulu kelompok biaya listrik di dalam rumah Anda
Di Indonesia ada banyak kelompok biaya listrik dimulai dari 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA dan sebagainya. Dengan ketahui kelompok biaya listrik Anda, karena itu Anda pahami berapakah Rupiah biaya per KWH yang perlu Anda bayar atas penggunaan energi listrik Anda.

2. Buat daftar perlengkapan electronic di dalam rumah yang membutuhkan listrik
Anda cukup membuat daftar ini 1x saja. Andaikan memungkinkannya, taruh daftar ini di computer atau telephone pegang Anda. Catat nama perlengkapan electronic dan konsumsi listriknya. Misalkan mesin pencuci dengan daya 400 watt, AC dengan daya 750 watt, dan lain-lain.

3. Buat perkiraan penggunaan energi listrik
Buat perkiraan berbasiskan pemakaian harian. Misalkan berapakah jam pada sebuah hari beberapa lampu berpijar, atau berapakah jam AC, TV, dan mesin pencuci berpijar pada sebuah hari. Bila AC dengan daya 750 watt berpijar empat jam dalam satu hari karena itu konsumsi dayanya ialah 750 watt x 4 = 3000 watt.

4. Hitung biaya listrik
Hitung biaya listrik yang perlu Anda bayar dengan mengalikan konsumsi energi dengan biaya listrik sama sesuai kelompok listrik di dalam rumah Anda. Misalkan konsumsi listrik AC mirip contoh di atas ialah 3000 watt (sama dengan 3 Kilowatt) karena itu biayanya ialah 3000 watt x biaya listrik per kWH (kilowatt per hour/jam).

Anda dapat selalu memeriksa biaya listrik di website sah Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sebagai contoh, biaya listrik per kWH untuk kelompok 1.300 VA ialah Rp1,467.28 per kWH, karena itu ongkos konsumsi listrik penggunaan AC sepanjang 4 jam ialah 3 kilowatt x Rp1,467.28 = Rp4.401,84. Dengan mengkalkulasikan semuanya akan memudahkan langkah mengirit energi.

Tukar lampu bohlam/pijar dengan lampu yang lebih irit energi, seperti CFL dan LED
Tiap pengurangan temperatur AC 1 Celcius meningkatkan 6% bill listrik
Masak nasi seperlunya saat sebelum makan, jadi tak perlu biarkan rice cooker selalu berpijar menghangatkan tersisa nasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *