Techno6.com – Sekarang ini ada banyak sekali pilihan smartphone, mulai dari tipe, merek, hingga spesifikasi yang berbeda-beda. Namun sangking banyaknya pilihan ini terkadang membuat bingung mau beli smartphone apa. Tips memilih smartphone sebaiknya disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Panduan Memilih Smartphone Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Setiap orang tentunya punya kepentingan yang berbeda, ada yang membeli smartphone sekedar untuk komunikasi, untuk gaming, fotografi, atau lainnya. Kamu yang berencana membeli smartphone baru dan bingung dengan banyaknya pilihan di pasaran, bisa simak beberapa tips berikut.

  1. Pilih OS

Smartphone yang paling banyak digunakan saat ini menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Masing-masing OS tersebut tentu menawarkan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Setiap OS memiliki fitur keunggulan yang tidak ada di OS lain.

OS Android memiliki keunggulan pada kemudahan penggunaannya. Selain itu, smartphone Android ada banyak pilihan mereknya sebut saja Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, dan lain sebagainya. Pengguna Android juga lebih mudah untuk mendapatkan aplikasi gratis melalui Play Store.

Sedikit berbeda dengan Android, iOS merupakan sistem operasi premium yang hanya untuk smartphone iPhone. Keunggulan pada OS ini adalah sistem keamanannya yang disebut-sebut lebih baik dibanding Android. Namun untuk aplikasi-aplikasi di AppStore kebanyakan adalah aplikasi berbayar.

  1. Kapasitas RAM dan Memori Internal

Kapasitas RAM menentukan performa smartphone. Semakin besar RAM, maka untuk aktivitas multitasking atau berpindah antar aplikasi menjadi lebih lancar. Begitu juga jika kamu akan memasang banyak aplikasi, maka dibutuhkan RAM yang lebih besar.

Semakin besar RAM, maka performa ponsel akan semakin bagus, baik untuk multitasking, streaming video hingga gaming. Pilih smartphone yang setidaknya memiliki RAM 1GB, atau di atasnya tentu lebih baik.

Penyimpanan internal juga perlu kamu pertimbangkan terlebih bagi yang gemar menyimpan foto atau video di ponsel. Khusus untuk smartphone android sebaiknya pilih yang memiliki penyimpanan ROM minimal 16GB karena android membutuhkan banyak ruang kosong untuk bisa menyimpan file aplikasi dan game.

  1. Baterai tahan lama

Tips memilih smartphone yang awet untuk beragam aktivitas yaitu dengan memperhatikan kapasitas baterai. Hardware yang penting dalam smartphone ini bisa diketahui kapasitasnya dari jumlah mAh. Ponsel dengan kapasitas baterai besar cocok untuk pengguna yang tidak suka bolak-balik mengisi ulang baterai.

Baterai besar juga lebih support untuk kamu yang sering bermain game online. Sebaiknya kamu pilih smartphone dengan baterai minimal 2500mAh, lebih baik lagi jika 3000mAh, 4000mAh, atau yang lebih besar.

Kebanyakan smartphone kini sudah menggunakan jenis baterai tanam atau nonremovable battery. Baterai ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri dibanding removable battery.

  1. Display

Display layar ponsel merupakan spesifikasi penting yang perlu kamu pertimbangkan. Bagi penyuka layar lebar, smartphone dengan layar 6” atau lebih besar mungkin cocok untuk dipilih. Namun masih banyak juga pilihan smartphone dengan layar lebih kecil yang lebih mudah digenggam.

Sebaiknya pilih smartphone yang sudah menggunakan teknologi layar terbaik. Beberapa jenis panel yang bagus antara lain layar IPS, layar TFT, dan layar Super AMOLED. Jika ingin smartphone yang enak dilihat, kamu bisa mencari yang memiliki kerapatan pixel (ppi) yang tinggi.

Tidak kalah penting juga untuk memilih smartphone yang sudah dilapisi pelindung layar. Beberapa merek smartphone banyak menggunakan lapisan anti gores seperti Gorilla Glass.

  1. Teknologi jaringan

Buat kamu yang ingin bermain internet dengan lancar, direkomendasikan untuk memilih smartphone yang sudah support jaringan 4G atau yang lebih tinggi. Beberapa smartphone masih menggunakan jaringan 3G yang tentu lebih lambat dari 4G.

Sebaiknya pilih smartphone yang sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan yang mendukung VoLTE agar koneksi internet lebih lancar dan bisa melakukan panggilan dengan mudah melalui LTE.

Jangan langsung tergiur jika ditawari ponsel luar negeri walaupun 4G atau 5G dan murah. Perlu diketahui bahwa teknologi jaringan di setiap negara itu berbeda-beda. Indonesia belum lama mulai menerapkan teknologi 5G yang mungkin di Amerika sudah lama digunakan.

  1. Kamera

Smartphone model-model baru sudah menggunakan lebih dari satu kamera. Fitur ini mungkin akan membuat kamu semakin bingung untuk memilih smartphone. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, misalnya untuk foto pemandangan, foto selfie, atau yang lain.

Jika kamu akan lebih sering menggunakan smartphone untuk selfie, sebaiknya pilih smartphone dengan dukungan kamera depan yang bagus. Selain besaran megapixel dari kamera, pertimbangkan juga fitur-fitur yang ditawarkan dari kamera tersebut seperti beauty mode, night mode, flash, dan lain-lain.

Smartphone dengan kamera utama yang berkualitas bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang suka fotografi menggunakan kamera ponsel. Biasanya untuk hp Android, kamera yang menggunakan lensa Sony memiliki kualitas yang bagus. Semakin besar megapixel kamera, hasil jepretan fotonya akan lebih jernih.

Namun untuk Android dengan lensa kamera Sony biasanya ada pada hp high end yang harganya cukup tinggi. Sedikit berbeda dengan kamera pada iPhone yang biasanya kualitasnya bagus walaupun megapixel kameranya kecil.

  1. Sensor dan desain

Tips memilih smartphone yang awet dan tahan air, kamu bisa melihat sertifikat IP78 dimiliki smartphone tersebut atau tidak. Sertifikasi tahan air dan debu ini sudah disematkan pada beberapa ponsel terbaru. Cocok untuk kamu yang sering membawa ponsel untuk beraktivitas ke alam bebas seperti naik gunung, berenang, atau lainnya.

Pertimbangkan juga sensor dan fitur-fitur yang ditawarkan smartphone. Contohnya sensor sidik jari, Heart rate, compass, dan sensor lainnya.

Dari sisi desain juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Smartphone iOS atau iPhone mungkin memiliki keunggulan pada desain yang kuat dan khas. Kamu bisa mengenali tampilan bodi smartphone ini dengan melihatnya sekilas.

Secara umum, smartphone dengan desain yang terbuat dari bahan metal atau logam lainnya memiliki tampilan yang lebih premium dibanding yang masih plastik. Terlebih lagi untuk bagian bezel yang rentang tergores. Material tahan gores smartphone ini bisa untuk dipertimbangkan.

  1. Sesuaikan budget

Di luar spesifikasi smartphone, kamu bisa memilih ponsel yang sesuai dengan budget. Smartphone dengan spesifikasi mumpuni tentu memiliki harga yang tinggi. Jadi kamu sebaiknya menyesuaikannya dengan keuangan atau anggaran yang dimiliki.

Jangan memaksakan membeli ponsel flagship yang harganya mahal jika budget kamu memang belum cukup. Jika kamu memiliki dana cukup banyak, mungkin bisa memilih iPhone atau Galaxy seri terbaru yang menawarkan teknologi paling unggul.

Namun jangan khawatir karena sekarang ini sudah banyak smartphone murah yang kualitasnya cukup baik. Smartphone kelas menengah seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, Lenovo atau brand lain bisa menjadi alternatif untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan.

Itulah beberapa tips memilih smartphone yang bagus sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tidak sedikit pengguna yang membeli ponsel 10 jutaan tetapi hanya menggunakan fitur-fitur yang sebenarnya ada pada ponsel 3 jutaan. Jadi smartphone mahal belum tentu bagus jika tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *